MENU

by • January 15, 2017 • MarketingComments (0)730

10 Perangkat Promosi Sederhana Yang Masih Efektif Hingga Sekarang

Sekarang memilih strategi promosi sederhana yang relevan untuk diaplikasikan pada usaha kecil. Setelah Anda memilih tempat dan melakukan perubahan agar sesuai dengan jenis usaha yang akan Anda jalankan, maka canangkanlah sebuah target dalam setahun pertama usaha Anda. Saran Saya, jadikanlah branding sebagai prioritas utama. Disini, kita akan coba mengenalkan kepada publik bahwa telah hadir sebuah unit usaha baru dilingkungan tersebut. Kemudian menanamkan dalam benak masyarakat bahwa usaha Anda merupakan bagian dari kebutuhan mereka. Berikut merupakan pengenalan singkat melalui perangkat promosi sederhana untuk usaha kecil Anda.

Shop Sign

Bangunan usaha sudah ada, nama usaha sudah Anda tentukan, maka sekarang saatnya untuk menjadikan tempat usaha Anda sebagai superstar, terkenal dan diketahui banyak orang. Maka buatlah identitas pada usaha Anda, seperti name tag atau tanda pengenal yang tertempel disaku kemeja seragam kantor. Nama usaha ini akan dipasang sebagai pengenal, bahasa advertisingnya adalah shop sign, atau pengenal toko. Ada banyak jenis shop sign dari yang paling murah dan sederhana, sampai ke yang paling mahal dan meriah. Demikian pula dengan bahannya, ada yang membuatnya dengan bahan standar seperti besi dan alumunium, ada pula yang membuat tugu dengan bahan semen dan bata, menjulang keatas dengan nama usaha terpatri ditengahnya. Ada pula yang unik, misalnya dengan membuat shop sign yang dipasang miring 45 derajat, tujuannya tentu saja untuk mendapat perhatian lebih karena berbeda dengan yang ada disekitarnya. Untuk membuat ini, Anda bisa memesannya ke tempat-tempat pembuatan shop sign yang ada disekitar Anda. Konseplah designnya, Anda bisa membuat ini melalui aplikasi Photoshop atau Corel Draw, atau bahkan cukup dengan Microsoft Word, tapi hasilnya tentu saja tidak maksimal. Jika Anda tdak bisa menjalankan program ini, Anda bisa meminta jasa teman untuk membuatkannya. Dengan membuat sendiri, tentu hasilnya akan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Hasilnya yang berupa soft data/ print out tinggal Anda bawa ke jasa pembuatan shop sign. Sesuaikan corak, dan karakter usaha Anda dengan desain pada shop sign, tanda pengenal toko ini merefleksikan penampilan usaha tersebut.

Spanduk / Neon Box

Berikut adalah desain spanduk/neon box sebuah usaha jasa konsultasi pajak. Pada usaha jasa profesinal seperti ini, maka nama usaha biasanya adalah nama pemilik atau pendiri perusahaan. Karenanya dalam usaha seperti ini, prestasi kerja sangat menentukan, sekali Anda gagal memenuhi kontrapretasi wajib pajak/klien, maka kepercayaan itu akan hilang dan nama Anda yang dipertaruhkan. Pada shop sign seperti ini, maka selalu tonjolkan jasa pelayanan yang dapat Anda berikan, bahkan buatlah logo usaha. Karena sebuah simbol biasanya lebih mudah diingat dan menjadi image bagi pelanggan

Mini Standing Board

Beberapa waktu lalu, saat kios/counter penjualan pulsa tumbuh dimana-mana, sebagian besar diantaranya membuat papan informasi harga pulsa dengan cara ini, namun sebenarnya ini tidak hanya bisa digunakan pada usaha penjualan pulsa/counter HP saja, namun juga untuk usaha lainnya. Dipapan seperti ini biasanya informasi yang diberikan tidak terlalu detail, misalnya tidak perlu mencantumkan alamat toko. Tapi biasanya papan seperti ini lebih menonjolkan menu atau produk apa yang Anda tawarkan pada usaha Anda. Misalnya untuk toko kelontongan, Anda bisa saja memberikan informasi harga barang yang tengah Anda discount atau sedang turun, ini akan menjadi rangsangan kepada pasar untuk datang.

Ada juga bentuk papan nama usaha yang dikonsep berdiri memanjang, seperti neon box pertamina. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan bahan semen + batako atau seperti papan nama biasa namun bentuknya saja dipasang memanjang. Ini salah satu cara agar papan nama dan toko usaha Anda mudah dilihat orang. Semakian unik, maka semakin diingat dalam benak konsumen atau orang yang lewat. Beberapa waktu lalu Saya juga pernah melihat papan penunjuk arah lokasi daerah yang biasanya ada dijalan raya, setelah Saya perhatikan ternyata itu adalah sebuah penunjuk tempat usaha penjual ikan louhan [desainnya Saya buat ulang sebagai referensi ide untuk Anda].

Baliho / Pamflet / Brosur

Pada baliho [papan iklan besar yang bisa Anda temui dipinggir-pinggir jalan kota], brosur [lembaran informasi yang biasanya dibagikan] atau pamflet [sama seperti brosur tapi biasanya ditempel] menerapkan unsur yag sama, yakni cantumkan nama dan alamat  usaha sejelas mungkin, bahkan kalau perlu dengan denah lokasi, kemudian paparkan apa saja yang Anda tawarkan dalam usaha tersebut. Jika Anda membuat baliho, Anda harus meminta ijin dahulu dan membayar sejumlah administrasi untuk pemasangannya, dan akan ada ketentuan batas waktu lama pemasangan baliho. Selain itu biaya pembuatan baliho pun tidak murah. Namun jika usaha Anda cukup mapan dengan alokasi dana promosi yang besar, maka membuat baliho sebenarya juga merupakan langkah cepat untuk mempopulerkan usaha Anda. Namun jika dana promosi Anda tidak besar, maka penggunaan pamflet dan brosur sebenarnya cukup efektif selama pemasangan dan penyebaran brosur tersebut tepat. Misalnya Anda taruh brosur-brosur Anda dibeberapa unit usaha atau instansi yang ada disekitar daerah usaha Anda, tentu saja yang bukan pesaing. Bahkan tempatkan pula pada penjual pisang goreng, nasi lalapan atau usaha-usaha kaki lima disekitar usaha Anda, bahkan terkadang ini lebih cepat mencapai sasaran kepasar. Hal ini pernah Saya lakukan, saat mempromosikan salah satu usaha yang baru saja Saya dirikan, setumpuk brosur Saya titipkan dirombong penjual donut, dan setiap kali ada pembeli maka Saya masukkan sebuah brosur dikresek pembungkus donut tersebut.

Anda juga bisa menitipkan brosur kesebuah agen surat kabar, biasanya ada sejumlah uang yang bisa Anda berikan sebagai pengganti uang lelah. Dan agen akan menyelipkan brosur Anda kesurat kabar, baik koran atau tabloid yang nantinya akan didistribusikan ke masyarakat. Sementara untuk pamflet, tempellah ditempat-tempat yang tidak menggangu dan menimbulkan pemandangan yang tidak layak. Hal ini banyak sekali kita temui dijalan-jalan, tiang lampu merah sampai dengan pepohonan yang ramai dengan tempelan pamflet. Lakukanlah dengan santun, carilah tempat yang memang memungkinkan untuk memasang pamflet dan bukan milik umum serta bisa dibaca oleh orang lewat dengan jarak pandang yang sesuai. Minta ijinlah untuk pemasangan pamflet kepada mereka yang berwenang. Dengan ini, selain ikut menjaga kebersihan kota, image usaha yang Anda bangunpun terjaga dengan baik.

Umbul-umbul

Sementara umbul-umbul adalah spanduk dengan ukuran tertentu dan biasanya terdiri lebih dari 1 unit, dipasang disepanjang jalan tertentu yang unsur isinya sama dengan baliho/brosur/pamflet. Prosedur pemasangannya pun juga harus dengan ijin, dengan masa pemasangan dan terdapat biaya untuk perijinannya.

Logo dan nama usaha pada Nota transaksi / tas plastik/kresek

Selain lembar dan papan-papan promosi diatas, membuat nota transaski dengan nama dan logo sendiri juga merupakan langkah pengenalan usaha yang efektif, terlebih jika nota transaksi memuat daftar harga atau produk yang Anda tawarkan. Untuk pembuatan nota transaksi 2 ply [2 lapis karbonaise] terdapat minimum order, biasanya disesuaikan dengan ukuran buku nota yang ada. Kemudian Anda juga bisa membuat sablon pada tas plastik atau kresek jika memang usaha Anda menjual barang yang bisa dikemas dalam ukuran tas tersebut. Jenis unit usaha yang sering membuat ini adalah toko handphone, cindera mata atau usaha penjualan makanan / oleh-oleh khas daerah tertentu.

Banner & Mini X Banner

Banner secara fisik sama saja dengan umbul-umbul, dengan unsur content yang sama dengan brosur/pamflet, namun dikemas dengan tampilan yang lebih menarik, karena terdapat penyangga yang membuat banner terdisplay standing. Biaya pembuatannya pun tidak mahal, dan biasanya dibuat untuk keperluan instan seperti saat pameran atau expo yang Anda ikuti.

Kartu nama 

Jika fisik brosur atau pamflet yang relatif besar, maka orang tentu enggan menyimpannya. Kartu nama usaha adalah solusi yang praktis, mudah, murah dan efektif. Jika memang tidak semua perangkat promosi bisa Anda buat, maka pastikan setidaknya yang ini Anda realisasikan. Tanpa ada nama Anda pun tidak masalah, selama ada nama usaha, alamat dan no. telp. Kecuali jika Anda memang memiliki tenaga marketing sendiri, dengan masing-masing orang memiliki bonus penjualan sendiri. Maka tentu mereka mengupayakan untuk memiliki kartu dengan nama mereka tercantum didalamnya.

Media Cetak

Untuk pemasangan iklan di media cetak semisal tabloid, maka pilihlah tabloid yang memang memiliki segmen sejenis dengan usaha Anda. Jika Anda memiliki usaha penjualan alat-alat olahraga, maka tabloid olahraga adalah media beriklan yang tepat. Namun sangat jarang ada tabloid lokal dengan segmen khusus. Umumnya ada 3 kategori bentuk iklan dalam media cetak, yang pertama namanya iklan baris, harga pemasangannya relatif murah, namun sifatnya instan, biasanya lebih sering digunakan untuk pemasangan iklan lowongan kerja, jual beli properti atau mobil-motor. Namun sah-sah saja jika digunakan untuk promosi usaha Anda, namun memang pemasangan iklan baris tidak terlalu efektif. Sistem biaya pemasangan iklan baris berbeda-beda berdasar medianya, namun biasanya mereka memiliki standar yang sama, misalnya pemasangan per baris bianyanya Rp. 50.000 dan minimal pemasangan adalah 2 baris, untuk sekali muat dalam satu edisi terbitan. Semakin banyak informasi yang hendak Anda sampaikan tentu semakin banyak barisnya dan semakin besar biaya yang harus Anda keluarkan. Untuk itu banyak pengiklan yang kemudian menyingkat kata-kata dalam iklan barisnya tersebut, hasilnya kadang bisa dimengerti kadang pula tidak. Secara umum, iklan baris bukan pilihan yang tepat untuk promosi usaha, namun bisa saja Anda lakukan jika memang Anda yakin dengan tingkat respon pasar setelah Anda memasang iklan baris tersebut.

Sementara pada iklan kolom, besarnya biaya dihitung berdasar beberapa faktor :

  1. Dihalaman mana iklan tersebut dipasang
  2. Warna atau hitam putih
  3. Lebar dan panjang kolom iklannya [per cm]

Jika iklan tersebut dipasang pada halaman depan [cover] media, full colour dengan ukuran yang relatif besar [1/6 halaman misalnya], maka tentu saja biaya pemasangannya tinggi. Namun jika hitam putih dan diletakkan dihalaman tengah belakang dengan ukuran yang sama harganya jauh lebih murah. Dan yang ketiga adalah advertorial, bentuknya seperti artikel dan memiliki space atau ruang iklan seperti iklan kolom, dengan jenis isi berupa berita mengenai usaha Anda dan segala kelebihan yang Anda tawarkan.

Televisi / Radio

Cara promosi melalui televisi / radio biasanya memakan biaya yang besar, namun memang cukup efektif. Dalam skala usaha kecil, tentu saja stasiun TV tempat beriklan yang Anda pilih adalah stasiun televisi lokal. Dan jika Anda ingin memasang iklan melalui media elektronik ini, maka jauh lebih baik jika Anda memasang iklan kecil dengan biaya yang lebih murah namun sering, daripada iklan besar dengan budget yang tinggi tapi hanya sesekali saja. Sama seperti media cetak, terdapat 2 kategori yang tersedia pada media elektronik. Yang pertama bernama iklan spot, yakni iklan yang memang dibuat secara khusus dengan konsep skenario. Disini, Anda mengeluarkan biaya dua kali, pertama untuk pembuatannya, kedua biaya untuk penayanganya. Keduanya sama-msa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sementara yang bentuk lainya adalah iklan yang biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar seperti pamflet dilayar televisi, atau hanya berupa materi percakapan penyiar pada media radio.

Ada satu trik lagi agar usaha Anda bisa ditampilkan bahkan tanpa biaya, ini bisa Anda lakukan baik melalui media cetak atau elektronik, yakni berupa peliputan. Apalagi beberapa tahun terakhir program acara yang berkaitan dengan segmen bisnis cukup banyak, isinya tentang sebuah bisnis usaha atau profil usahawan atau produk tertentu. Namun untuk ini, maka usaha atau produk yang Anda tawarkan haruslah memiliki keunikan atau kelebihan sendiri ketimbang yang sejenis, sehingga memiliki nilai berita media tertarik untuk meliputnya. Dan untuk mendapatkan liputan seperti ini, maka buatlah proposal yang melampirkan business plan dan profil usaha Anda, tujukan kepada pemimpin redaksi media yang dituju dan sampaikan kenapa usaha Anda layak untuk dijadikan berita.

Media Advertising

Media advertising sama dengan media cetak lainnya, namun perbedaannya media ini memang memuat materi iklan, berbeda dengan media cetak lain yang menjual informasi dan mendapat penghasilan kedua dari pemasangan iklan. Media advertising biasanya tidak dijual, namun dibagikan secara gratis dan dapat Anda jumpai dimal-mal atau tempat-tempat distribusi khusus mereka. Ada media advertising yang eksklusif dan hanya bermaterikan iklan pada segmen usaha tertentu saja, misalnya pariwisata sehingga seluruh isi media penuh dengan informasi lokasi wisata, paket travel atau hotel, pub dan café. Biaya pemasangan pada media ini tergantung seberapa besar media tersebut, jika medianya masih baru, dengan halaman yang tidak banyak, dicetak dengan oplah terbatas dan relatif sulit ditemui, maka biaya pemasangannya murah, dan banyak discount atau gratis pemasangan untuk pemenuhan syarat tertentu. Bahkan jangan sungkan untuk menawarnya jika Anda rasa harga yang disodorkan terlalu tinggi. Namun jika media advertisingnya memang sudah malang melintang lama dan orang-orang banyak yang sudah mengenal media ini, maka tentu biaya pemasangannya tinggi.

Jika usaha anda tidak seperti kebanyakan usaha yang yang ada, maka Saya sarankan untuk memulainya dari media kecil dulu, namun jika usaha Anda misalnya percetakan offset untuk majalah/tabloid atau media cetak besar lainnya yang jarang ada, maka pengenalan usaha seperti ini bisa Anda lakukan melalui media yang besar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *