MENU

by • January 15, 2017 • Startup JournalComments (0)197

3 Hal yang harus di hindari saat merekrut karyawan

Selain tips diatas, ada pula beberapa informasi yang mungkin bisa berguna bagi Anda dalam proses merekrut karyawan.

  1. Hindarilah merekrut lebih dari satu karyawan yang memiliki hubungan kerabat saudara. Misalnya suami istri, kakak adik atau bentuk hubungan lain dan ditempatkan dalam satu usaha atau bagian kerja yang sama. Kadang dari mereka harus menghadiri undangan pernikahan dan meminta ijin kerja, tentu yang akan ijin biasanya satu pasangan tersebut karena yang diundang keduanya. Belum lagi jika pasangan saudara tersebut tengah mengalami konflik internal keluarga, maka kinerja mereka akan menurun dan imbasnya juga terjadi pada performance usaha Anda. Hal ini juga menghindari terciptanya konspirasi yang kemungkinanya lebih besar terjadi jika karyawan satu dan lainnya sudah memiliki hubungan sebelumnya. Dengan tidak adanya hubungan tertentu, maka masing-masing karyawan akan bersaing secara sehat baik dalam karir maupun hal lain serta meminimalkan kecemburuan yang bisa merugikan perusahaan.
  1. Hindari merekrut karyawan dengan orientasi satu etnis atau suku tertentu saja. Tentu yang jadi masalah ada pada karyawan minoritas. Selain munculnya kecemburuan, tingkat konflik biasanya cukup tajam bisa terjadi.
  1. Hindari merekrut karyawan yang memiliki hubungan kekerabatan dengan Anda sebagai pemilik usaha. Ok nepotisme boleh, namun pastikan agar karyawan yang memiliki hubungan tersebut, Anda perlakuan sama dengan karyawan lain. Bahkan kalau perlu ikutilah mereka dalam proses seleksi yang sama dengan karyawan lain terlebih dahulu, kalau memang tidak layak, sebaiknya jangan dipaksakan untuk Anda rekrut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *