MENU

by • January 15, 2017 • Karyawan (Employee)Comments (0)3502

Berapa besaran maksimal Cash Bon karyawan yang diperbolehkan?

Di hampir semua tingkatan usaha, cash bon hampir menjadi sesuatu yang tidak terelakkan. Segalanya tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Namun untuk Saya pribadi, memberikan cash bon merupakan sebuah bentuk bantuan yang tentu sangat berarti bagi seorang karyawan, apalagi untuk kebutuhan yang memang primer.

Dan biasanya, jika perusahaan memang memiliki kebijakan untuk memberikan cash bon, maka ini umumnya cukup dimanfaatkan dengan baik, karenanya jangan heran jika nantinya hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan setiap bulan. Yang harus menjadi pertimbangan adalah besaran Cash Bon yang bisa diberikan kepada karyawan. Hitungannya mudah saja, jika cash bon ini untuk keperluan bulanan, maka berikan dengan besaran tidak lebih dari 30% jumlah gaji yang diterima karyawan setiap bulan. Jika gajinya per bulan adalah Rp. 1 juta, maka cash bon maksimal yang bisa didapatkan karyawan adalah sebesar Rp. 300 rb. Jika melebihi jumlah tersebut, maka setiap bulan perusahaan akan memotong gaji karyawan dengan jumlah yang cukup besar, dan membuka peluang nantinya karyawan tersebut cash bon lagi dengan jumlah yang lebih besar.

Soft Loan [pinjaman lunak]

Untuk yang ini, biasanya memang diberikan untuk karyawan yang loyal dengan perusahaan, setidaknya memiliki masa kerja lebih dari 5 tahun. Besarannya pun sangat tergantung dengan kemampuan usaha dan pertimbangan-pertimbangan lain. Biasanya, soft loan diberikan untuk keperluan tertentu, yang umumnya juga menunjang aktifitas perusahaan, misalnya untuk pembelian sepeda motor bagi karyawan yang memang selama ini belum memilikinya, dengan adanya sepeda motor tentu kesulitan transportasi karyawan untuk mencapai tempat kerjanya bisa diminimalisir. Soft Loan bisa berupa pinjaman dengan bunga rendah atau bahkan tanpa bunga. Dan pembayarannya dengan pemotongan gaji setiap bulan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *