MENU

by • March 8, 2017 • Startup JournalComments (0)394

Creative Ways That Will Make You the Next Millionaire

Berapa banyak dari kita yang pernah melihat kenalan atau orang-orang dekat disekitar, yang dengan percaya diri mendeklarasikan jasa bisnisnya, membuat desain, layanan foto, videografi, event organizer, website bahkan membuat aplikasi mobile phone atau merekam lagu-lagu karyanya dan menyebut diri sebagai musisi.

Dan ternyata dalam hitungan bulan, kita mendapati mereka mengeluhkan kegagalan penjualan hasil kerjanya, mulai pesimis dengan karya-karya yang dihasilkan, tidak sedikit yang kemudian menjadi karyawan kantoran bahkan dengan bidang kerja yang tidak sesuai dengan keinginan mereka?

Peta industri dan cara bisnis telah berubah, dulu kita berjibaku mencari modal investor, sekarang ada pendanaan dari patungan online yang disebut crowdfunding. Dulu gerilya mencari klien, sekarang crowdsourching memberi akses untuk kita menjual karya. Dulu perusahaan rekaman yang menentukan selera pasar. Sekarang saluran online yang mengambil peran. Dulu berkompetisi, sekarang berkolaborasi.

Ini era dimana semua bakat bisa memamerkan talentanya. Generasi yang bebas menentukan karirnya sendiri, dan membuat dunia bekerja untuk mereka. Berani berbuat, karenanya mereka sering gagal, benci birokrasi dan struktur yang bertele-tele, mereka membobol semua itu tanpa harus melanggar aturan. Uang bukan tujuan semata, tapi penghargaan yang utama. Merekalah yang kami sebut dengan nama Kreator.

Namun disatu sisi, akses menjadi tak terbatas, peluang ada dimana-mana, pun demikian dengan resiko dan tanggung jawabnya. Jika dulu jabatan itu layaknya anak tangga yang kita tapaki bertahap. Sekarang bak tebing karang yang luas dan curam, penuh rintangan, tidak ada rute khusus, kita bisa melompat dari satu ke lain pijakan dengan bebas.

Persoalannya, dimasa depan yang penuh ketidak pastian, dibutuhkan pemahaman akan cara kerja baru, yang sayangnya belum banyak diketahui, tidak sedikit yang masih terperangkap dengan cara lama. Itulah alasannya mengapa buku ini dirancang, sebuah kurikulum yang tidak kita dapatkan di sekolah. Pemaparan kajian yang mempelajari cara-cara sukses sejumlah kreator, hingga meraih keberhasilan dalam karir mereka.

Sekarang semua tergantung bagaimana kita menentukan arah karir sendiri, dan tak bisa mengharapkan datangnya mentor yang mengulurkan tangan, tapi aktif bergerak dan mencari tahu, yang kami harapkan sebagiannya bisa didapatkan melalui seminar ini, yang merupakan pemaparan dari hasil kajian tim redaksi majalah Money&I.

Sejumlah temuan yang terbuka atas studi ini, rencananya akan dipaparkan pada tanggal 19 Maret 2017. Yang kami harapkan bisa menjadi salah satu referensi bagi para Kreator, baik seorang animator, penulis, desainer, fotografer, musisi, programer, pengembang, perencana, konsultan, pemasar ataupun profesi independent workers lainnya, agar karirnya tak hanya bertahan seumur jagung, namun terus berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang.

Seperti kata komedian Milton Berle, jika peluang tidak datang mengetuk, buatlah pintunya. Seminar dan buku Creator.Inc ini, kami harapkan bisa menjadi petunjuk untuk kita membuat pintu tersebut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *