MENU

by • January 11, 2017 • Startup JournalComments (0)242

Konsekuensi bikin usaha yang unik

 

www.freepik.com

www.freepik.com

Kisah Donald Spector mungkin bisa menjadi referensi. Donald adalah seorang direktur pemasaran di perusahaan pembuat mainan anak-anak Catco Inc, dan selalu memberikan mainan baru kepada Mary Rodas tetangganya yang berumur 4 tahun. Namun semua mainan yang diberikan Donald bukan semata-mata hadiah, namun sebuah survey kecil yang dilakukannya untuk melihat reaksi Mary kecil. Dengan intuisi jitu Donald berpikir, jika mainan tersebut disukai oleh Mary, maka produk itu akan laku dipasaran. Lama-lama Donald menjadi bergantung kepada Mary, maka pada usia Mary yang masih 14 tahun, Donald pun mengangkatnya menjadi wakil presiden pemasaran Catco Inc. Dan gaji yang diberikannya pun bukan gaji anak-anak, tapi sama seperti eksekutif top, sebesar US$ 200.000 setahun alias Rp. 1.8 Miliar. Dan sebagai eksekutif termuda di dunia, ternyata Mary tidak mengecewakan, Ia mengusulkan pada Donald agar membuat bola yang terbuat dari karung goni yang didesain dengan warna-warna cerah. Didalam bola tersebut dipasangi balon untuk menggelembungkannya. Ide itu langsung ditangkap oleh Donald. Maka kini anak-anak di New York keranjingan bola karung goni bernama Balzac yang penjualan setiap tahunnya mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp. 900 miliar.

Kisah bersaudara Ariel dan Ron Shlien juga tidak kalah menarik, karena keisengan mereka yang sering mempertunjukkan keahlian mengolah peristiwa ilmiah menjadi tontonan yang menghibur ketika masih anak-anak, membuat banyak tetangga takjub. Salah satu pertunjukan mereka seperti mencampur larutan kimia yang seketika berubah menjadi asap. Belakangan kegiatannya menjadi atraksi menarik dipesta ulang tahun, perkemahan dan lain-lain. Karena banyaknya order maka pada tahun 1986 mereka mendirikan Madscience, perusahaan yang menangani atraksi-atraksi tersebut dengan lebih profesional, dan kian bertumbuh karena peminatnya makin banyak. Kini usahanya ini sudah berkembang menjadi jaringan waralaba di 55 negara.

Ide yang berbeda terhadap suatu jenis usaha atau produk baru bisa bermacam-macam dan berpotensi menghasilkan jutaan dolar seperti yang dialami Donald. Jenis usaha dengan ide baru bisa beraneka, misalnya produk yang akan dijual, sistem penjualannya atau pelayanan yang belum ada / belum banyak dilakukan oleh usaha lain sebelumnya. Tantangan terbesar yang harus Anda taklukkan adalah pada saat melakukan penetrasi pasar, karena sebuah ide baru biasanya akan sulit atau butuh waktu untuk beradaptasi. Saya pernah mengalaminya saat pertama kali membangun bisnis media untuk indie komunitas. Terbitan majalah indie disambut dengan baik dibeberapa daerah seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Dan majalah indie yang populer belum pernah ada di Bali. Dan ketika Saya mencoba memasarkan media indie di Bali, Saya mendapat respon pasar yang rendah. Tidak berselang lama, usaha inipun berakhir dengan angka kerugian yang Saya derita cukup besar. Banyak usaha-usaha unik dengan ide-ide yang sama sekali baru dibeberapa daerah, namun tidak cukup baik saat kita perkenalkan untuk daerah lain. Namun disatu sisi, jika Anda berhasil mengembangkan satu jenis usaha baru yang tidak umum dipasaran dan berhasil, biasanya keuntungan yang akan diperoleh demikian besar, terlebih jika kemudian berhasil Anda patenkan.

Beberapa tahun yang lalu, seorang rekan kantor Saya yang berasal dari Bandung, pernah mengutarakan ide bisnisnya yakni mendirikan toko yang isinya menjual segala macam barang bekas. Hanya saja pemilik toko tidak membeli barang-barang bekas yang dijual, tapi hanya mempersilahkan orang yang mau menjual barangnya untuk dititipkan ditoko tersebut. Dan jika nanti terjadi transaksi pemilik toko akan mendapat sedikit komisi. Usaha ini berkembang dengan baik di Bandung, karenanya teman Saya ini mau menerapkannya di Bali. Namun sayang ide ini tidak kunjung terealisasi, tidak berselang lama ada orang lain yang membangun usaha dengan sistem persis seperti yang disampaikan teman Saya tersebut. Hasilnya mengejutkan, penjualan barang bekas dengan sistem titip ini ternyata berkembang dengan subur, dan sekarang sudah terdapat beberapa usaha sejenis yang bermunculan kemudian. Betapa menyesalnya teman Saya tersebut, seandainya saat itu dia memberanikan diri, mungkin usahanya menjadi pioner saat ini. Demikian pula pada usaha Pet Shop yang baru berkembang beberapa tahun terakhir, dulu orang hanya mengenal pasar hewan, yang cenderung tradisional. Tidak ada layanan salon hewan atau fasilitas lain sejenis. Namun sekarang jenis usaha yang masih tergolong baru ini telah hadir dimana-mana, pangsa pasarnya pun kalangan ekonomi menengah atas. Begitulah konsekuensi dari mendirikan jenis usaha baru, jika berhasil mengenalkannya dengan baik ke pasar, maka Anda akan menjadi pioner dengan segenap keunggulan, namun persentase ketidakberhasilannya pun relatif tinggi, karena tidak semua hal yang menurut Kita merupakan barang kebutuhan, namun hanya baru sebatas barang pelengkap bagi orang lain.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *