MENU

by • January 15, 2017 • Startup JournalComments (0)219

Posisi Menentukan Prestasi, Pun dengan lokasi usaha Anda

Pada jenis usaha tertentu, berada dekat sekolah atau pasar bisa menjadi nilai tambah yang menguntungkan. Misalnya mendirikan warung makan atau kantin, dengan pangsa pasarnya tentu saja anak sekolah. Disatu sisi, selalu perhatikan kompetitor atau harga pasar. Pada saat Saya mendirikan mini market, sekitar 500 meter dari lokasi mini market yang Saya dirikan terdapat pasar tradisional, yang sebagian besar kios yang terdapat pada pasar tersebut adalah penjual grosir. Hal yang mengejutkan Saya kemudian adalah semua harga barang yang dijual secara ecer dipasar tersebut dibandrol sama dengan harga grosir. Tentu saja Saya kesulitan untuk bersaing dari sisi harga, beruntung lokasi mini market Saya masih cukup jauh dari lokasi pasar, sehingga masih mampu menjaring segmen yang lain.

Namun tidak beberapa lama, sebuah mini market baru didirikan persis didepan pasar tradisional tersebut, dan Saya meyakini pemilik mini market tersebut belum melakukan survey lingkungan. Jika dilakukan, Saya yakin rencananya mendirikan mini market tersebut akan dialihkan. Dan benar saja hanya dalam tempo kurang dari 3 bulan mini market tersebut dijual oleh pemiliknya. Tentu saja meminta para penjual grosir dipasar tersebut untuk tidak menjual barang ecerannya sama dengan harga grosir tidak mungkin, terlebih mereka memang sudah melakukan hal ini sejak lama. Sementara jika konsep mini market menjual barang ecer dengan harga grosir, secara kalkulasi ekonomis jelas sangat merugikan.

Lakukan juga pengamatan pada hal keamanan lingkungannya, sistem perijinan lokal atau retribusi daerah yang ada. Apakah sering terdapat pemalakan atau hal buruk lainnya. Lakukan semuanya dengan cermat sehingga persiapan awal menentukan lokasi usaha Anda tepat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *