MENU

by • January 5, 2017 • Beranda, Startup JournalComments (0)183

Resolusi Pekerja Kreatif : 10% Proyek Baru, 20% nya bikin yang WOW

Cara ini saya dapatkan dari Yoris Sebastian. Katanya, alokasikan 50–60% waktu kita untuk daily project, kerjaan harian yang biasa kita lakoni, 20–30% nya, buatlah proyek yang WOW, sisanya, 10–20% buatlah proyek baru, yang belum pernah kita kerjain.

Saya sendiri mengalokasikan 60% untuk menjalankan usaha publishing dan kampus, dimana 8 dan 4 tahun yang lalu, dua unit usaha ini awalnya 10% nya proyek baru, sekarang bukan hanya jadi key project, tapi main business yang lagi fokus buat terus kita dikembangin. Dan selama beberapa tahun terakhir, 20% proyek WOW yang saya buat adalah Entrepreneur Festival. Ini kerjaan mengumpulin bakat-bakat terbaik ditingkat lokal dan nasional, untuk sharingdisatu tempat yang sama.

Yang menarik dari saran Yoris, 10% alokasi untuk proyek baru, kerjaan yang belum pernah kita lakukan, ini perlu untuk memecah kejenuhan, saya mengamini hal ini. Dalam pengalaman saya, proyek ini biasanya nggak lama, banyak gagalnya, tapi kita seneng jalaninnya. Tapi kalau running, ini bisa jadi saluran investasi baru buat dapetin return, yang bukan nggak mungkin terkonversi jadi daily project.

Tahun 2017, 10% proyek baru yang mau kita jajaki adalah nyempung ke e-commerce, selama ini saluran distribusi terbesar kita masih ngandelin captive market dan jalur mainstream yang itung-itungan bisnisnya nggak ‘terlalu sehat’. Buat ngalihin ini, platform-nya dibikin, masih pake yang generik sebagai awal, toh dalam tahap beta. Kalau ok, akan dilengkapi dengan produk clothing. Ini sebenarnya untuk support yang 60%nya, ngemong ‘my lovely baby’, publishing and campuss.

Yang 20% Wow masih jatah Entrepreneur Festival, kali ini yang keempat dengan tema Creative Millionaires, yang kita coba datengin adalah anak-anak muda yang sukses jadi miliuner dengan perangkat digital. Plus, kami tim redaksi Money&I akan menerbitkan buku Creator.Inc, kontennya untuk para pekerja kreatif seperti Writer, Animator, Fotografer, Digital Start Up, Organizer atau Advisor dan Financial / Wedding Planner. Sebuah pemetaan tentang strategi sukses anak-anak muda yang berprofesi sebagai independent worker, hingga berkembang membawa usahanya tumbuh menjadi unit bisnis. Creator.Inc direncanakan tour kebeberapa kota, agar hasil riset ini tersosialisasikan khususnya ke sejumlah kampus. Mudah-mudahan apa yang kami kerjakan bisa semakin bermanfaat khususnya buat rekan-rekan muda sesama pekerja kreatif.

Saran Yoris sebagaimana diatas adalah Projet Plan saya di 2017, kalau suka dengan idenya, bisa dipakai juga buat rencana kerja di 2017, 10% bikin proyek baru dan 20% nya bikin yang WOW.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *