MENU

by • January 15, 2017 • Karyawan (Employee), Startup JournalComments (0)259

SJ #10 –Bukan Karyawan, Tapi Mitra Kerja

 

 

Seperti apakah kriteria karyawan yang baik menurut Anda? Sehingga bisa menciptakan simbiosis mutualis, hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan karyawan? Sebuah survey yang pernah dilakukan beberapa tahun silam memberikan sebuah hasil yang menarik. Hampir 80% seorang karyawan direkrut karena pengetahuan [knowledge] dan skill [keterampilan], dan hanya 20 % yang direkrut karena sikapnya [attitude]. Namun berbanding terbalik dengan alasan pemberhentian karyawan, lebih dari 70% karyawan dipecat karena sikap, bukan karena pengetahuan atau keterampilannya. Disini, tentu sikap menjadi poin tertinggi yang harus Anda perhatikan.

Dalam usaha kecil, karyawan yang Anda rekrut bisa berasal dari tingkatan dan latar belakang pendidikan mana saja, karenanya selektiflah untuk merekrut seorang karyawan. Memiliki karyawan dengan sikap yang santun tentu menjadi nilai tambah untuk berjalannya proses koordinasi. Dan upayakanlah untuk bisa menumbuhkan sense of belonging atau rasa memiliki yang tinggi dari seorang karyawan. Bagi Saya, justru inilah hal lebih menentukan daripada attitude. Seorang karyawan boleh miskin pengetahuan dan keterampilan, namun akan tetap miskin dan tidak makin baik jika karyawan tersebut tidak ada rasa memiliki yang tinggi. Dengan sense of belonging, maka karyawan tersebut memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan usaha tempatnya bekerja, memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kepribadiannya [attitude] dan tentu saja skill dan knowledge, sehingga secara naluriah karyawan tersebut tentu akan berusaha dan belajar dengan giat untuk meminimalisir kekurangannya.

Sense Of Belonging [Rasa Memiliki] -> Sikap -> Keterampilan  -> Pengetahuan

Salah satu cara untuk membangun rasa memiliki karyawan, yakni dengan membangun hubungan antara Anda dan karyawan sebagai mitra kerja, dan bukan sebagai atasan dan bawahan. Sekalipun dalam sturuktur terbentuk demikian. Namun kemitraan adalah sebuah hubungan yang saling mengajak untuk berkembang bersama.

Paulus Winarto dalam bukunya the Leadership Wisdom menceritakan bagaimana seorang Konosuke Matsushita pengusaha sukses dari Jepang selalu memperlakukan orang-orang yang terlibat dalam bisnisnya sebagai bagian dari keluarga sendiri. Karena keberadaan merekalah usaha Anda bisa berjalan, maka selayaknya Anda membuat karyawan tersebut bertambah baik, tidak hanya dari gaji namun juga dari pengetahuan dan keterampilannya. Ajaklah mereka bertukar pikiran dan menyumbangkan ide-idenya untuk peningkatan kinerja operasional dan usaha Anda. Seorang teman kuliah Saya pun pernah berujar, sebuah organisasi akan besar dengan sendirinya jika orang-orang didalamnya merasa nyaman dalam bekerja. Dengan membangun hubungan seperti ini, maka karyawanpun akan terdorong memberikan tanggung jawab lebih tinggi dan merasa nyaman dalam bekerja, sehingga mampu mencurahkan segenap kemampuannya untuk menghasilkan output yang baik. Pada dasarnya, semua elemen merupakan bagian yang penting dan tidak terpisahkan. Inilah yang disebut dengan simbiosis mutualis, hubungan yang saling menguntungkan antara Anda dan Karyawan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *