MENU

by • January 17, 2017 • Startup JournalComments (0)306

Success is getting younger

“Tolong delete 10 bab awal dari 18 bab dari naskah ini.”

What!!!!

10 dari 18 bab? Lebih dari setengah isi naskah harus dihapus..???

“Kita mulai dari bab 11 sebagai awal, hingga pengembangan strategi startup agar menjadi cara yang bisa ditiru para kreator muda untuk sukses,” ujar isi mail itu lagi.

Wow.. agak kaget juga buat ngerespon mail ini, namun berat juga buat nolaknya. Si pengirim mail, adalah editor buku saya di Bentang Pustaka, salah satu penerbit nasional terbesar yang memang fokus pada penerbitan buku-buku Startup, termasuk buku ‘Kreatif Sampai Mati’ Wahyu Aditya, Indiepreneur Pandji Pragiwaksono, Dari Sepatu Membangun Dunia, Steve Mycoskie sampai dengan Startuppedia dari Anis Uzzaman yang ketika itu di bagikan dalam acara Kick Andy. Mengingat expertise dari rekan-rekan Bentang pada buku-buku Startup yang sukses, saran itu jelas nggak bisa saya nafikan. Mail yang datang setahun silam itu akhirnya kelar setelah riset tambahan kami lakukan, berburu data-data tambahan dari berbagai narasumber hingga akhirnya proses buku ini dalam tahap pra cetak.

Ada cukup banyak dialektika yang muncul dalam proses penyelesaian buku ini, salah satunya ketika menentukan stage of life generasi saat ini. Dalam hipotesa kami, usia 35 adalah fase mapan bagi seorang startup membesarkan bisnisnya, namun editor kami menolaknya, hasil riset menunjukkan usia 30 tahun, pun dengan hasil riset dari narasumber kami. Persis seperti yang dikatakan oleh Merry Riana, salah satu narasumber yang menjadi sample studi kami dalam buku ini, “success is getting younger.”

Inilah yang menjadikan buku ini menarik, karena sejumlah cara kreatif bisa kita tiru dari anak-anak muda yang sebagian besar sukses sebelum usianya masuk kepala 3. Para kreator ini punya pendekatan yang lekat dengan teknologi dan tahu caranya merubah semua itu menjadi uang. Salah satu kreator sukses yang kami kaji perjalanan karirnya, akan hadir tanggal 18 Maret 2018 nanti, di Ballroom Hotel Harris Cokroaminoto Denpasar. Siap-siap jadi Creative Millionaire, tunggu tanggal mainnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *