MENU

by • January 11, 2017 • Startup JournalComments (0)325

Yang Harus Kita Cermati Jika Membeli Usaha Waralaba (Franchise)

waralaba-franchise-business

Ada beberapa hal yang harus kita cermati ketika hendak membeli waralaba. Seperti saya jelaskan pada tulisan sebelumnya, warlaba adalah cara terbaik kita memotong kompas, proses panjang mendirikan bisnis yang melelahkan, bisa kita skip. Namun hal yang sama, menjadi alasan mengapa kita harus cermat membeli waralaba. Ini adalah 4 hal yang harus kita perhatikan ketika mempertimbangkan untuk membeli Waralaba.

  • Anda tentu saja tidak bisa mengembangkan waralaba yang memang kepemilikannya bukan ditangan kita. Berbeda jika misalnya membangun usaha sendiri dengan nama usaha yang Anda tentukan, ketika usaha tersebut besar, Anda memiliki hak untuk mewaralabakan usaha tersebut. Anda harus tunduk dan taat pada prosedur yang sudah tertera dalam kontrak. Terkadang ada beberapa kebijakan yang berubah dari franchisor, namun kebijakan itu tidak cukup baik untuk diterapkan pada unit franchise yang Anda miliki. Misalnya usaha waralaba yang Anda pilih adalah kuliner, dan unit usaha dari franchisor terdapat di Jakarta, dimana dikota tersebut menu tertentu sudah tidak lagi diminati pasar sehingga oleh franchisor menu tersebut dihilangkan. Sementara ditempat Anda, justru menu yang tidak lagi laku di Jakarta justru tengah booming dikota dimana usaha franchise Anda berada. Sementara dampak dari dihentikannya menu tersebut di Jakarta adalah tidak adanya lagi bahan baku yang biasanya dikirimkan untuk membuat menu tersebut. Maka disini akan terjadi konflik kepentingan.
  • Sesuaikan dan kalkulasikan dengan baik sebelum memutuskan untuk menjalankan waralaba. Jika kendala Anda adalah manajerial, maka carilah usaha waralaba yang intens memberikan support dalam hal sistem operasional, karena ada beberapa sistem (Ini saya sebut derivatifnya waralaba) yang hanya memberikan hak atas pemakaian brand, sementara operasional masih dikerjakan dari pihak kita sendiri). Jika tujuannya agar cepat ramai, carilah waralaba yang sudah dikenal dengan baik. Lakukan survey kecil , tanya teman atau saudara, apakah sebelumnya pernah mendengar nama usaha franchise yang akan Anda pilih. Jika sebagian besar dari mereka menyatakan belum, maka Anda tidak perlu membeli franchise tersebut, karena tidak ada keuntungan yang akan Anda peroleh dari brand yang justru belum dikenal. Misalnya usaha waralaba Salon X atau cuci motor Y, yang masih awam dimasyarakat, bukankah lebih baik jika Anda mendirikan salon atau usaha cuci motor yang menggunakan nama usaha yang Anda pilih? Toh sama-sama belum populer, kecuali Anda membeli franchise memang karena mencari kemudahan dari operasionalnya, misalnya kemudahan untuk mendapatkan chemical untuk cuci motornya yang memang biasanya akan disupport oleh franchisor.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *